Bagaimana
Mensosialisasikan Koperasi pada Masyarakat
Sebelum kita
masuk kemasalah yang akan kita bahas, akan lebih baiknya kita menelusuri apa
yang diinginkan oleh masyarakat. Apakah pelayanan yang ramah? Diskon pada
barang-barang tertentu? Tempat yang nyaman? Ataukah fasilitas yang lengkap?
Tentu saja masyarakat membutuhkan itu semua untuk memenuhi kepuasaan mereka.
Dalam teori ekonomi, disebutkan bahwa tingkat kepuasaan kita tidak terbatas
sampai titik tertentu. Jadi sebisa mungkin koperasi memenuhi kebutuhan
masyarakat sesuai dengan kebutuhan mereka.
Koperasi sebagai salah satu lembaga yang posisinya
cukup diperhitungkan dalam perekonomian Indonesia juga harus bisa memanfaatkan
dunia maya. Selain sebagai media sosialisasi, pemanfaatan fasilitas dunia maya
ini juga bisa dijadikan media pembujuk yang baik kepada masyarakat. Tidak
terlalu sulit, banyak ruang kosong yang bisa dijadikan media oleh koperasi
untuk publikasi, contoh kecilnya dengan banyaknya situs jejaring sosial semacam
facebook dan twitter. Situs jejaring sosial demikian seharusnya bisa
dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh koperasi-koperasi di Indonesia untuk lebih
menggencarkan aktivitas koperasi.
Walaupun koperasi milik pemerintah, jangan sampai
koperasi berleha-leha, tidak bertindak untuk menarik pelanggan. Jangan hanya
mengandalkan pemerintah yang akan berfikir keras agar masyarakat terus percaya
pada koperasi, dan tidak berpindah kelembaga lain.
Mensosialisaikan koperasi pada masyarakat agar
masyarakat tertarik pada koperasi yang paling efektif adalah dengan menggunakan
sosial media internet tersebut. Itu merupakan cara sosialisasi yang sangat
efektif, dari segi waktu, uang dan tenaga. Buat satu blog, akun facebook, atau
akun twitter, yang banyak penggunanya, sehingga dengan mudah bisa menyampaikan
apa yang ingin disampaikan. Dengan membuat blog tersebut, koperasi dapat
mempost apa-apa saja yang terdapat dalam koperasi, menjelaskan koperasi
tersebut seperti apa, memperkenalkan koperasi dengan mendalam. Dengan
menggunakan bahasa yang menarik dan tampilan yang menarik maka akan menarik
pembaca untuk membacanya, dan dapat mengetahui isi dalam blog tersebut. Akun
facebook dan twitter, bisa menarik anggota-anggota untuk menjadi sebagian dari
koperasi. Infokan kepada anggota hal-hal yang menarik yang bisa mereka peroleh
dari koperasi.
Bisa juga dengan membagikan brosur, pamflet atau
semacamnya yang bisa memperkenalkan koperasi lebih mendalam, berikan
janji-janji menarik seperti diskon setiap pembelian barang tertentu. Dalam
hasil survey masyarakat Indonesia senang dengan yang namanya janji. Berikan
pelayanan yang sangat memuasakan terhadap masyarakat.
Agar masyarakat lebih tertarik lagi pada koperasi,
koperasi tersebut sebaiknya membuat program-program baru yang menambah minat
masyarakat. Selain itu, pengurus-pengurus koperasi pun memberikan jaminan penuh
kepada calon anggota, sehingga calon anggota dapat tertarik untuk menjadi
anggota dan mengikuti kegiatan koperasi, yang membuat koperasi menjadi terlihat
hidup.
Banyak di desa-desa yang sudah memulai
mensosialisasikan koperasi pada warganya . Tujuannya adalah untuk memberikan
wadah kepada warga terdampak dalam menangkap peluang usaha sehingga dapat
mendorong perekonomian warga. Pemerintah hanya memfasilitasi keinginan
masyarakat dalam mewujudkan keinginan-keinginan masyarakat yang ingin
menjalankan usaha-usahanya. Salah satu cara yang dilakukan di desa adalah
dengan mengadakan seminar kepada para warganya di dalam seminar tersebut
dijelaskan dan memberikan pemahaman tentang koperasi yang akan dibangun di desa
yang tersebut.
Membuat program-program baru yang menggelegar dengan
memberikan nama yang unik sehingga dapat menarik perhatian, karena orang-orang
sangat senang dengan sesuatu yang unik, aneh, dan beda dari yang lain. Dengan
keunikan tersebut koperasi dapat terlihat dengan mudah, dan dapat dikenal
dengan sesuatu yang unik itu.
Semoga dengan mensosialisasikan koperasi ini, maka
koperasi bisa mendapatkan anggota yang selalu berada di belakang koperasi dan
menjadi pendorong dan pendukung koperasi kedepannya. Dapat diperhitungkan oleh
semua masyarakat Indonesia. Dan koperasipun akan terus berjaya di dalam maupun
di luar negeri. Marilah kita terus mendukung usaha dalam negeri untuk
berkembang, banggalah dengan usaha negeri sendiri.
Untuk
mensosialisasikan koperasi di Indonesia yang dasar pertama-tama nya ialah :
1.
Membagi koperasi menurut beberapa
sektor :
• koperasi produsen atau koperasi yang bergerak di bidang produksi,
• koperasi konsumen atau koperasi konsumsi, dan
• koperasi kredit dan jasa keuangan
• koperasi produsen atau koperasi yang bergerak di bidang produksi,
• koperasi konsumen atau koperasi konsumsi, dan
• koperasi kredit dan jasa keuangan
2.
Koperasi produksi harus merubah strategi
kegiatannya dengan mereorganisasi kembali supaya kompatibel dengan tantangan
yang dihadapi.
3.
Pemahaman pengurus dan anggota akan jati diri
koperasi, pengertian koperasi, nilai-nilai koperasi dan prinsip-prinsip gerakan
koperasi harus dijadikan point penting karena hal itu yang mendasari segala
aktifitas koperasi. Aparatur pemerintah terutama departemen yang membidangi masalah
koperasi perlu pula untuk memahami secara utuh dan mendalam mengenai perkoperasian.
4.
Dalam menjalankan usahanya, pengurus koperasi
harus mampu mengidentifikasi kebutuhan kolektif anggotanya dan memenuhi
kebutuhan tersebut. Proses untuk menemukan kebutuhan kolektif anggota sifatnya
kondisional dan lokal spesifik. Dengan mempertimbangkan aspirasi anggota-anggotanya,
sangat dimungkinkan kebutuhan kolektif setiap koperasi berbeda-beda.
5.
Kesungguhan kerja pengurus dan karyawan dalam
mengelola koperasi. Disamping kerja keras, figur pengurus koperasi hendaknya
dipilih orang yang amanah, jujur serta transparan.
6.
Kegiatan koperasi bersinergi dengan aktifitas
usaha anggotanya.
7.
Adanya efektifitas biaya transaksi antara
koperasi dengan anggotanya sehingga biaya tersebut lebih kecil jika
dibandingkan biaya transaksi yang dibebankan oleh lembaga non-koperasi.
Koperasi
sebagai salah satu lembaga yang posisinya cukup vital dalam perekonomian bangsa
juga harus bisa “berbaur” dengan dunia maya. Selain sebagai media sosialisasi,
pemanfaatan fasilitas dunia maya ini juga bisa dijadikan media persuasif kepada
publik. Tidak terlalu sulit, banyak ruang kosong yang bisa dijadikan media oleh
koperasi untuk publikasi,
Demikian itulah beberapa cara yang bisa
dilakukan guna mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat.
Dengan beberapa pemahaman tadi dan awal mula mengapa koperasi kita tidak
berkembang. Dengan setelah membuat ini, saya sangat berharap bahwa koperasi di
Indonesia dapat berkembang atau bertumbuh dengan baik.Dapat bekerja dengan baik
dengan usaha koperasi masing-masing dan menjalankan visi dan misinya maupun
dapat bekerjasama dengan pemerintah. Karena koperasi adalah salah satu sector
perekonomian di Indonesia.
Sumber :
http://warta-warga.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar